
Kargo jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi pengiriman kian hari semakin banyak diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia, terutama dalam mendukung kegiatan online atau Online Shop E-Commerce.
Perkembangan teknologi juga sangat mempengaruhi banyaknya kebutuhan dalam dunia e-commerce untuk pengiriman barang. Kini hanpir semua toko online yang menyediakan beragam produk dan jasa dengan beragam jenis dengan harga yang bervariasi.
Penawaran beragam diskon atau promo juga menjadi nilai plus dalam berkembangnya pasar online di indonesia sehingga membuat banyak orang berbisnis yang menggeluti dunia ini.
Berikut ini adalah 5 rekomendasi perusahaan jasa pengiriman barang ekspedisi kargo besar dan kecil yang terpercaya.
JNE

Salah satu jasa ekspedisi populer yang telah lama hadir di Indonesia, yaitu JNE juga merupakan pilihan tepat untuk kirim murah dan berkualitas.
Tersedia berbagai layanan pengiriman, salah satunya adalah OKE atau Ongkos Kirim Ekonomis yang menawarkan tarif pengiriman hemat.
Selain itu tersedia layanan lain jika anda butuh kirim cepat, seperti layanan YES (Yakin Esok Sampai) atau SS (Super Speed).
Soal keamanan anda tidak perlu khawatir, kehadirannya selama puluhan tahun menjadi bukti bahwa jasa pengiriman ini dapat dipercaya.
Jasa Pengiriman Barang Ekspedisi TIKI

Tak kalah dengan pesaingnya, TIKI merupakan perusahaan pengiriman barang swasta yang telah berkiprah cukup lama di dunia ekspedisi di Indonesia, meskipun belakangan namanya bersaing sangat ketat dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang serupa. TIKI telah mampu bertahan hingga di usianya yang telah lebih dari 30 tahun memberikan layanan pengiriman barang yang mempermudah masyarakat Indonesia untuk menggunakannya.
Kelebihannya:
- TIKI menerapkan tarif pengiriman yang sangat kompetitif dan bahkan tergolong lebih rendah dari perusahaan pengiriman lainnya.
- Memiliki pengalaman yang cukup lama di bidang pengiriman barang.
- Memiliki sistem tracking yang memudahkan pelacakan barang kiriman.
- TIKI memiliki lebih dari 250 cabang yang tersebar di Indonesia, sehingga mudah ditemukan.
- Memberikan pelayanan pengiriman bergaransi.
- Memiliki layanan yang variatif dan bisa disesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan konsumen.
Kelemahannya:
- Hotline yang tersedia sulit dihubungi.
- Kurir tidak berinisiatif untuk menelepon penerima barang, jika sewaktu-waktu barang tidak terkirim karena alamat sulit ditemukan atau karena adanya alasan yang lain.
- TIKI hanya menjangkau pengiriman di kota-kota besar dan tidak sampai ke pelosok atau pedesaan.
Jasa Pengiriman Barang Pos Indonesia

Pos Indonesia dulunya adalah sebuah perusahaan BUMN yang telah melayani masyarakat dalam penjualan “Perangko”. Kiprahnya di dalam layanan jasa pengiriman, tidak perlu diragukan lagi. Perusahaan milik negara ini telah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga tak heran jika Pos Indonesia memiliki segudang pengalaman di bidang pengiriman barang. Bukan hanya pengiriman barang saja, Pos Indonesia juga memberikan layanan pengiriman berbagai dokumen dan bahkan uang ke semua wilayah di Indonesia.
Kelebihannya:
- Tarif yang dikenakan oleh Pos Indonesia lebih terjangkau dan bisa bersaing dengan baik dengan perusahaan lainnya.Pos Indonesia juga telah memiliki layanan online untuk berbagai kepentingan lainnya.
- Pos Indonesia memiliki akses pengiriman yang paling murah dan terbilang cukup cepat untuk layanan pengiriman barang ke luar negeridengan layanan cooperation dengan EMS yang akan membuat waktu pengiriman lebih cepat.
- Kantor pos terdapat di hampir setiap kecamatan di seluruh Indonesia, dan ini menjadi jaminan jangkauannya yang luas dan menjadi yang terbaik
Kelemahannya:
- Kurangnya sarana promosi, sehingga orang jauh lebih mengenal perusahaan swasta lainnya sebagai perusahaan pengiriman barang.
- Pelayanannya terkadang kurang cepat dan tepat waktu, jika dibandingkan dengan perusahaan pengiriman barang lainnya.
J&T

Merupakan perusahaan jasa pengiriman (Expedisi) yang didiirikan pada tahun 2015, sebagai pendatang baru J&T mampu bersaing untuk memberikan layanan terbaik dengan ongkis kirim lebih hemat dan pengiriman cepat. Layanan yang diberikan J&T cukup memuaskan karena melayani pengiriman paket ke seluruh Indonesia.
jasa pengiriman barang Kelebihannya:
- Pengantaran barang ke rumah pelanggan bisa hingga 2 kali sehari.Itulah yang saya rasakan karena dalam sehari bisa menerima barang daei J&T sebanyak 2 kali. Yaitu siang dan sore.
- Tetap mengantar barang walau hari minggu dan hari libur (walau paket Reguler).
Jika menggunakan jasa J&T, kita tak perlu mengestimasi pengantaran walau ada hari libur, karena meskipun di hari libur maupun weekend, mereka tetap buka dan akan tetap mengantarpaket. Jadi sangat bermanfaat karena rata-rata jasa pengiriman hanya melayani pada hari kerja saja dan libur pada weekend.
Kelemahannya:
- Hotline yang tersedia tidak solutif sehingga beberapa pelanggan mengalami miskomunikasi
- Tidak tersedia informasi daftar cabang/agen/sub agen yang ada hanya drop point
- Nomor resi tidak bisa di cek ketika tengah malam (resi not found)
Jasa Kirim Barang Lion Parcel

jasa pengiriman barang lion parcel Di dalam layanan Jasa Pengiriman Paket dan Dokumen, kita harus mengenal layanan Jasa yang satu ini. Lion Parcel namanya. Lion Parcel memiliki agen-agen yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Walaupun dikenal sebagai jasa ekspedisi yang masih tergolong muda, Lion Parcel memiliki banyak agen hampir di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke dengan jangkauan wilayah yang luas.
Kelebihannya jasa pengiriman barang :
- Ongkos Kirim Murah, Karena Lion Parcel didukung dengan ratusan maskapai yang beroperasi, bikin Lion Parcel punya biaya pengiriman yang terjangkau dan jauh lebih murah.
- Barang Sampai di tempat tujuan tanpa pecah/rusakdengan garansi keamanan dengan pelacakan yang lengkap dan lebih update
- Hebatnya lagi, Lion Parcel punya banyak metode pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. Selain layanan regular, Lion Parcel juga punya layanan ONEPACK, atau Overnight Express Package Services.
- Door to Door service, yaitu kita tak perlu lagi ke tempat jasa kurir untuk mengirim barang, karena paket atau barang yang mau dikirimakan dijemput oleh kurir Lion Parcel. Jadi, bisa menghemat waktu dan tenaga. Hanya perlu menghubungi Lion Parcel, kemudian kurir Lion Parcel akan datang untuk mengambil paket yang mau dikirim.
Kelemahannya:
- Belum banyak diketahui masyarakat sehingga jumlah cabang masih belum banyak
Tips Memilih Jasa Kirim Barang
1. Pastikan ketepatan waktu pengiriman
Ini adalah poin paling penting dalam memilih jasa pengiriman. Pilihlah perusahaan penyedia layanan pengiriman yang tepat waktu. Jika susah memastikannya, kamu bisa melihat estimasi waktu yang mereka berikan. Dari situ, kamu dapat mengira-ngira apakah perusahaan tersebut bisa mengirim barang dalam rentang waktu yang sesuai.
Coba lihat track record atau rekam jejak perusahaan tersebut. Biasanya, konsumen akan meninggalkan review atau testimoni setelah menggunakan layanan. Bisa juga dengan bertanya pada kerabat atau pemilik bisnis lain yang sudah pernah menggunakan jasa pengiriman. Dari situ, kamu bisa membandingkan mana brand yang paling cocok dengan produk jualanmu.
2. Pengiriman barang harus aman
Selain kecepatan, kamu juga harus memperhatikan masalah keamanan. Hal ini sangat penting karena bisa memengaruhi kualitas produk. Pilihlah perusahaan penyedia jasa pengiriman yang bisa memastikan keamanan barang. Tiap pelanggan pasti tak ingin jika produk yang diterimanya dalam kondisi rusak dan nggak dapat dipakai.
Masih sama, carilah track record dari perusahaan yang menyediakan pengiriman. Tak ada salahnya untuk memeriksa testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan layanan. Jangan lupa juga untuk mencari tahu apakah pihak penyedia layanan menawarkan asuransi atau nggak. Asuransi akan membantu pelanggan mendapat ganti rugi jika terdapat kerusakan barang.
Agar makin aman, kemas produk dengan baik. Jika produk berisiko pecah selama pengiriman, tambahkan bubble wrap atau lapisan pelindung. Gunakan kemasan yang benar-benar bisa melindungi produk seperti kardus tebal. Hindari mengemas produk hanya dengan kantong plastik tipis. Sebab, hal ini berisiko merusak produk, bahkan ketika sudah sampai ke tangan pelanggan. Misalnya, pelanggan menggunting kemasan terlalu dalam sehingga merusak produk.
3. Ada sarana pelacakan real-time
Banyak konsumen yang merasa nggak sabar untuk bisa segera mencoba produk. Tak heran jika mereka kemudian selalu menanyakan soal resi pengiriman hingga posisi pesanan terkini. Berangkat dari situ, adanya fitur pelacakan posisi paket juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan.
Pastikan jasa pengiriman yang kamu pilih menyediakan fitur pelacakan paket. Akan lebih baik lagi jika fitur tersebut menyediakan pelacakan secara real-time. Jadi, pelanggan bisa tahu pasti posisi barang dan estimasi waktu tibanya. Hal ini bisa diketahui dari resi pengiriman. Perusahaan yang menyediakan fitur pelacakan pasti memberitahukan kode resi pengiriman. Jadi, baik penjual maupun pembeli bisa melacak posisi barang secara mandiri.
4. Biayanya masuk akal
Poin ini pun tak kalah penting. Pastikan perusahaan penyedia jasa pengiriman yang kamu pilih menerapkan ongkos kirim yang masuk akal. Bandingkan beberapa ekspedisi sekaligus, terutama pada jenis layanan yang mirip. Lalu, pilihlah yang ongkosnya paling masuk akal.
Masalah ongkos kirim ini memang harus dipikirkan baik-baik karena bisa memengaruhi keputusan calon pembeli. Tak jarang ditemukan calon pembeli yang membatalkan transaksi karena ongkos kirim yang ditetapkan penjual dan ekspedisi terlalu mahal. Padahal sebenarnya mereka berminat pada produk yang ditawarkan.
Hal ini tentu bisa membuatmu rugi jika dibiarkan. Calon pembeli bahkan bisa berpaling ke penjual lain hanya karena masalah ongkos kirim ini. Oleh karenanya, usahakan untuk memilih jasa pengiriman dengan biaya yang masuk akal. Kamu juga bisa menawarkan beberapa opsi pengiriman untuk memudahkan calon pembeli memilih sesuai kebutuhan mereka.
5. Menyediakan berbagai macam layanan
Terakhir, jangan lupa untuk mengecek jenis-jenis layanan yang ditawarkan. Kebanyakan jasa pengiriman yang ada saat ini menyediakan beberapa jenis layanan. Biasanya, jenis layanan tersebut disesuaikan dengan durasi pengiriman. Makin cepat durasi pengiriman, maka makin mahal ongkos kirim yang dibebankan kepada pembeli.
Namun, ada juga yang menawarkan layanan berdasarkan range pengiriman, misalnya layanan pengiriman dalam kota dan antarkota. Beberapa bahkan menawarkan layanan kargo untuk mengirim barang yang ukurannya besar. Layanan yang variatif akan membantu pelanggan dalam memilih pengiriman sesuai kebutuhan dan tentunya bujet mereka.